. Suci Creativity: Cara Menghitung r Tabel dengan SPSS Cara Menghitung r Tabel dengan SPSS

Sunday, May 30, 2010

Cara Menghitung r Tabel dengan SPSS

Postingan ini didasari oleh cukup banyaknya teman-teman saya yang bertanya mengenai bagaimana cara mencari r-Tabel
r-tabel adalah tabel yang biasa diperbandingkan dengan nilai hitung pada uji validitas dengan menggunakan kuesioner. Biasanya nilai tabel ini tertera pada bagian lampiran buku yang berada dibagian belakang buku. Namun nilai tabel pada buku tersebut sifatnya terbatas, hanya mencapai kurang dari df=30. Untuk itu saya ingin memberitahukan cara mencari r-tabel bila df-nya lebih dari 30 bahkan mencapai ratusan.

Nilai df diperoleh dari n-2, dimana n merupakan jumlah sampel atau responden (bukan jumlah pertanyaannya).
Berikut saya uraikan langkah-langkah mencari nilai r-tabel dengan menggunakan spss.

1. Buka tampilan SPSS (versi apa saja, namun saya menggunakan SPSS versi 17)
2. Buat variabel baru yang berjudul "df"
3. Ketikkan jumlah df yang diinginkan. Contohnya dibawah ini.


4. klik Transform > Compute Variable. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Pada kotak isian Target Variable, isikan nama variabel untuk nilai t tabel yang akan kita hitung. Misalnya dalam contoh diatas kita beri nama "t_0.05" (karena kita ingin menghitung t tabel dengan taraf nyata 5 %).
Pada kotak isian Numeric Expression: isikan rumus berikut: IDF.T(0.95,df)
Pada rumus diatas, angka pertama dalam kurung (sebelum tanda koma) yaitu 0.95 adalah tingkat/taraf keyakinan (level of confidence). Taraf keyakinan ini = 1 – α. Nilai α (alpha) ini sendiri adalah tingkat/taraf signifikansi (level of significance).
5. klik OK, maka akan muncul hasil sebagai berikut.


6. Langkah terakhir, kita cari nilai r-tabel nya, caranya sama seperti yang tadi
klik Transform > Compute Variable.
kotak isian target variable kita tuliskan dengan "r_0.05"
kemuadian ketikkan rumus pada kotak Numeric Expression:
t_0.05/SQRT(df+t_0.05**2)
7. Klik OK, akan muncul nilai r-tabel sebagai berikut

Mudah bukan? Dengan cari ini, pembaca dapat melakukan pengujian dengan menyebarkan kuesioner sebanyak-banyaknya agar diperoleh hasil yang seakurat mungkin.
BACA SELENGKAPNYA YUUK
Ngobrol Seputar Bisnis Online
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

19 komentar:

etha said...

thanks ya ci, tapi besog di kampus ajarin ya, hhe

suciyellow said...

okeh etha :k:

Anonymous said...

makasi, nolong bgt :)

Bungzhu Zyraith said...

wah...
ini nih saya yang ga bisa2...

Anonymous said...

df itu diisi sesuai hasil atau nominal yang didapat di kuesioner atau apa? :i: masi tak ngerti...

Anonymous said...

Gw mo nanya validitas n reabilitas data itu dicarinya pas BAB 3 apa dr BAB 1? soale gw pake kuesioner, n mo ngitung pengaruh 3 variabel...jd gw masih agax bingung, mohon bantuannya... :e: :n:

Anonymous said...

makasih infonya..kbetulan lg skripsi...bingung ngitung r tabel.......hehehehe.....
titik_tertinggi@yahoo.com
add ya di fb......kan bisa temenan.... :D

Nama Bayi said...

salam kenal .
nice post .
thanks for share .

Anonymous said...

jadi nilai r tabelnya yang mana?

Anonymous said...

thanx ya chi, bermanfaat bgt nih boeat ane

suci said...

thank you yaa

Anonymous said...

tanya dong, kalau misalnya pada data di SPSS terdapat kolom varibel berikut: gender, usia, pekerjaan, X1,X2,X3,X4,TotalX, C1,C2, C3, C4, TotalC, Y1,Y2,Y3,Y4,Total Y.

Nah klo mau cari table t, df nya itu diambil dari kolom yang mana? Thanks

Anonymous said...

Ci,itu masukin total responden yah ..
misalkan 100 orang ..
tapi ktnya 98 aja , kan di kurang 2 ..
apa masukin data df nya 98 apa 100 ??

samsul plur said...

rajawebhost
bbandro berita gadget terbaru
cara cepat langsing
memperbaiki laptop
cara memperbaiki motherboard rusak
Memperbaiki Komputer
Tutorial Belajar Bios
Membuat jaringan
Memperbaiki Hardisk
Cara Diet
The Next Generation
Menurunkan berat badan
Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan

asep saepulloh said...

makasih-makasih atas infonya

Anonymous said...

Serius nih. gw kok ngerasa ada yang janggal ya? kok R tabel gw responden 99 orang R tabelnya 0.16 sih. kecil amat ya? berarti kemungkinan besar hasil analisa validitasnya bakal valid dong. asik dong kalo gitu gw jadi semangat lagi buat analisa data uji validitas dan reabilitasnya. thank you ya. jadi semangat aku bikin rumusnya di exel dan bikin sekalian SPSS nya.

Anonymous said...

thanks infonya

Anonymous said...

klo sya sdh nentukan r tabelnya 0.2407.dengan responden 30org.nah input di spss gmn ya?u

herlin's blog said...

makasih terbantu banget berkat kamu :)

Post a Comment

Harap Berkomentar pada kotak dibawah ini ya!
Komentar teman-teman sangat saya butuhkan untuk meningkatkan kualitas blog "Suci Creativity"
Terima kasih ya..

Œ

Me & My Lovely

Me & My Lovely

My profil

My Photo
Saya mahasiswi Universitas Gunadarma Kalimalang. Sejujurnya, Saya seorang wanita yang beranjak dewasa.Sama seperti anak-anak lain,saya juga memiliki banyak keinginan yang ingin saya capai dengan hasil kerja keras saya sendiri. Dan saat ini, saya berusaha untuk bisa mencapai semua keinginan saya.Tak lupa ikhtiar,doa dan tawakkal agar selalu berada dalam lindungan-Nya
Best View: Mozilla Firefox. Template is proudly powered by Blogger.com | Template by Amatullah. Syukur |